RSS

Pencak Silat dalam era digital

15 Feb

Kini masa nya era digital, mulai dari jam tangan, ponsel, kamera, handycam, televisi dan sebagainya.

kredit foto : Yogyakarta Technology of University

Era digital membawa satu perubahan yang signifikan dalam kehidupan yaitu  makin mudahnya akses informasi. Dengan makin mudah nya penyebaran informasi, akses informasi pun makin mudah dengan maraknya -apa yang saya sebut- internet lifestyle. Cukup dengan satu kali pencet tombol ponsel, anda dapat menyebar informasi ke seluruh pelosok bumi.

Perhatikan satu info ini : Indonesia adalah salah satu negara di mana penduduk nya tercatat sebagai salah satu  facebook user terbesar. Itu adalah salah satu internet lifestyle phenomena yang saat ini sedang marak. Lantas apa hubungannya dengan pencak silat?

Para pendahulu kita, para sesepuh, para “pencipta” pencak silat tentu tidak pernah membayangkan kalau buah karya mereka kini dapat dengan mudah menyebar ke segala  penjuru. Coba search di laman google dengan keyword “silat”, “pencak silat”, “video silat”; maka akan bermunculan aneka ragam bentuk foto, video, tulisan yang menyangkut pencak silat. Tidak cuma itu, era digital dengan akses internet yang mudah sekarang ini (ingat jargon : “informasi dalam genggaman tangan anda”), diskusi, obrolan, bahkan perdebatan tentang pencak silat pun akan dengan mudah ditemukan. Banyak sekali forum diskusi, group, blog, dan website yang mengusung tema pencak silat. Para pesilat pun bermunculan di dunia maya, mulai dari guru besar, pendekar, atlit, mantan atlit, ketua organisasi pencak silat, pemula, bahkan mereka yang cuma penggembira pun ramai memeriahkan pencak silat di internet. Seru, bukan?😀

Beliau para sesepuh tentu bisa tersenyum bangga dengan fenomena ini, hasil karya mereka dicintai, dihargai, dan dikembangkan. Tetapi mereka pun bisa mengelus dada kecewa bila digitalisasi pencak silat berdampak pada pengaburan esensi, kaedah, dan filosofi yang terkandung dalam tiap gerak jurus yang diciptakan.

Kembali ke pencak silat dalam era digital, aspek positif tentu saja didapat karena sekarang sosialisasi dan promosi pencak silat dapat dengan mudah dilakukan. Upload dan download video silat, keterbukaan dan data mudah ditemukan, dan tentu saja menambah wawasan.

Era digital ini juga membawa fenomena baru, yaitu : BELAJAR SILAT PRAKTIS LEWAT VIDEO/YOUTUBE. Saya tidak apriori dengan hal ini, karena setiap orang bebas menentukan sikap dan cara dalam belajar silat. Hanya saja saya perlu menekankan bahwa mempelajari pencak silat diperlukan satu syarat yaitu pertemuan fisik antara yang belajar dan mengajar. Dengan belajar melalui video kita tidak mendapatkan esensi berupa kaedah dan rasa.

Konsekwensi lainnya yang perlu kita perhatikan ( terutama bagi yang baru berkenalan dengan internet) adalah agar berhati-hati apabila ingin upload video silat alirannya. Dengan belum ada nya proteksi HAKI terhadap kepemilikan sebuah aliran, saya mengkhawatirkan akan muncul masalah di kemudian hari. Saran saya tanyalah lebih dulu guru kita sebelum memutuskan menayangkan video di internet, atau apabila itu silat milik orang lain, minta ijin terlebih dulu kepada yang berhak.

Bagi pemula yang ingin belajar silat via internet, berhati-hati pula lah. Teliti lebih dahulu pencak silat yang ingin dipelajari, terutama video silat yang berasal dari negera lain (Eropa, Amerika, Asia, dll). Belum tentu apa yang terlihat hebat dan indah di video, mempunyai kualitas yang sesuai dengan sumber asli nya (yang diajarkan oleh para guru kita).

Era digital dengan kemudahan akses informasi melalui internet ini memang menyenangkan dan memudahkan. Tetapi bagi anda para pesilat yang terbiasa berlatih sikap hati-hati dan waspada, tentu juga tidak mudah terlena akan buaian digital ini.

Wabillahi taufik walhidayah

Wassalam

 
Leave a comment

Posted by on 15/02/2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: