RSS

Pencak silat: sebuah bentuk Komunikasi

14 Feb

Berbicara tentang pencak silat sepanjang pengamatan saya tidak pernah bergeser dari tiga hal :

  1. Jurus (beserta teknik dan aplikasi nya)
  2. Filosofi dan kaedah
  3. Sejarah aliran dan/atau perguruan

Kali ini saya akan membahas nya dari sudut pandang yang berbeda : PENCAK SILAT SEBAGAI SEBUAH BENTUK KOMUNIKASI.

Sebagai mahluk sosial, komunikasi adalah kebutuhan mutlak bagi setiap orang; bahkan bagi mereka yang menyepi di hutan sekalipun. Dalam keadaan normal, mustahil ada manusia yang tidak pernah berkomunikasi sepanjang hidup nya.

Kebutuhan akan komunikasi ini bahkan telah ada sepanjang peradaban manusia, tentu dengan tingkat intelegensia sesuai jamannya. Lantas apa hubungannya dengan pencak silat? Pencak silat hakikatnya adalah bentuk lain dari komunikasi dalam perwujudan interaksi fisik. Kita akan lihat penjelasannya berikut ini.

Komunikasi mensyaratkan ada nya dua pihak yang berinteraksi, meskipun sifat nya satu arah seperti dalam pidato, kampanye, siaran, orasi, dan sebagainya. Sebuah komunikasi yang baik dan efektif dibuktikan dengan sampai nya tujuan yang diharapkan, oleh karena itu perlu dilakukan dengan cara-cara yang baik.  Dalam komunikasi dua arah, diperlukan syarat-syarat berupa : cara berkata-kata yang baik, saling pengertian, saling menghargai, tidak mendominasi percakapan, dan teratur dalam berbicara.

Pencak silat pun demikian ada nya. Jurus adalah visualisasi penyampaian maksud, dilakukan dengan teratur, mempunyai tujuan, tidak tergesa-gesa, terpola dan mengandung makna. Sikap pasang yang sempurna dapat diibaratkan sebagai sikap seseorang yang santun dalam berkomunikasi. 

Bagaimana dengan aplikasi dalam sebuah pertarungan? bukankah salah satu pihak berusaha mengalahkan pihak lainnya? Benar. Tetapi seorang pesilat yang baik akan mengalahkan lawannya dengan cara-cara yang baik pula, sebagaimana memenangkan argumentasi dalam sebuah perdebatan. Disampaikan dengan cara yang elegan, argumentatif, tidak sembrono dan tidak terkesan “menekan” pihak lawan.

Dengan memahami bahwa pencak silat adalah sebuah bentuk komunikasi yang baik, diharapkan para pesilat dapat mencitrakan diri sebagai mahluk sosial yang santun, ramah, elegan dan tidak arogan. Tidaklah berlebihan apabila kita kelak bisa berbangga dengan jargon PENCAK SILAT BERBICARA DENGAN SANTUN.

Artikel ini adalah tulisan singkat saja sebagai pengantar, tulisan selengkap nya dengan disertai argumentasi berupa teori-teori komunikasi; bentuk-bentuk sikap dan gerak dalam pencak silat sebagai alat komunikasi; berkomunikasi dengan baik, efektif dan santun melalui pencak silat, dan sebagainya sedang saya susun dalam sebuah ebook yang insyaallah segera “terbit”.

Berbicara dengan baik, efektik dan efesien Bersilat dengan santun.

Wassalam

 
2 Comments

Posted by on 14/02/2011 in Uncategorized

 

2 responses to “Pencak silat: sebuah bentuk Komunikasi

  1. Yoga

    14/02/2011 at 13:18

    artikel yang menarik dan sarat esensi inti dari pada menggeluti silat itu sendiri.., mulai dari mempelajari.., mempraktekkan.., mengevaluasi.., berencana…, dan menggunakannya pada waktu dan saat yang tepat…,

    hal yang diulas diatas adalah hal yang sangat jarang mungkin terpikirkan oleh kita selama menggeluti silat itu sendiri…, karena mungkin terlalu memfokuskan hanya pada beberapa bidang di dalam silat itu sendiri sehingga apa itu silat yang sebenarnya menjadi tertutupi karena bias oleh hal-hal yang hanya difokuskan tersebut.

    memang benar hidup tidak akan pernah lepas dari satu komunikasi ke komunikasi berikutnya sesuai dengan maksud-maksud…, tujuan-tujuan.., dan harapan-harapan yang ingin disampaikan lewat komunikasi tersebut. Namun Komunikasi juga bisa sebagai antisipasi dan jawaban atas suatu maksud dari orang lain terhadap kita.

    oleh karena itu tak heran banyak dari pada Tua Silat atau Sesepuh Silat mengatakan bahwa hakikat dari pada silat itu adalah silaturrahmi…, baik pada sesama maupun kepada Tuhan.

    Mohon maaf jika ada yang kurang pas dan tidak pada tempatnya….
    jika bengkok tolong diluruskan.., jika salah tolong dibetulkan..
    Wassalam….

     
    • Ochid Aj

      14/02/2011 at 19:51

      mantep komennya, yoga…kamsiah. komentator pertama dapat hadiah satu jurus, hehehe…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: